Rabu, 22 Oktober 2014

artikel "KESEHATAN"



KESEHATAN 
Pada dasarnya kesehatan adalah suatu keadaan dimana kondisi fisik maupun psikis seseorang dalam keadaan yang normal dan baik-baik saja tanpa ada gangguan.kesehatan adalah hal yang dididam-idamkan oleh tiap-tiap manusia karena dengan memiliki tubuh yang yang sehat dan jiwa yang tenang maka serasa kita akan bergerak dengan leluasa melakukan hal-hal yang kita inginkan yang bermanfaat tentunya.begitupun dengan sebaliknya jika tubuh kita tidak fit ditambah lagi dengan kondisi kejiwaan yang penuh dengan beban fikiran maka serasa kita tidak bisa tenang dan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan berguna,dan hal inilah yang biasa disebut dengan stress.Kesehatan adalah suatu hal yang tak ternilai harganya,banyak kita lihat realitas  saat ini dimana orang-orang yang khususnya yang telah lanjut usia melakukan berbagai macam terapi-terapi dan mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan agar bisa tetap sehat tentunya hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk tetap bisa merasakan yang namanya sehat”dan menurut saya untuk mendapatkan “sehat”tubuh yang tidak sakit-sakitan,jiwa yang tenang tanpa adanya beban fikiran adalah salah satu solusinya ialah dengan memulai dari diri kita sendiri yaitu olahraga yang teratur serta memakan makanan yang bergizi dan sehat tentunya yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pola 4 sehat 5 sempurna.banyaknya beban fikiran karena tuntutan pekerjaan untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarga khusnya anak dan istri adalah salah satu pemicu datangnya stress yang berdampak pada kesehatan psikis seseorang begitupun saat ini yang saya rasakan sebagai mahasiswa baru unhas tahun 2014 jurusan ilmu hubungan internasional dimana dengan padatnya tugas-tugas kuliah juga ditambah dengan tugas-tugas dari senior dan belum lagi  dengan pengumpulan yang selain menyita waktu dan tenaga juga menguras pikiran,terkadang saya mencoba lepas diri sejenak dari padatnya tugas-tugas dengan melakukan hal-hal yang positif yang tentunya menyenangkan,mencoba melepaskan semua beban pikiran dengan menulis di buku diary dan membaca buku romantis nan lucu dan juga biasanya mengakses moment-moment putih abu-abu dan berkomunikasi dengan kawan-kawan lama baik itu melaui social media,message dan ngobrol namun  terakhir kali yang saya lakukan untuk melepaskan penat yakni dengan menikmati secangkir teh hangat bersama dengan kue-kue tradisional sambil bersandar santai membaca novel “children of heaven” dan juga sebuah bacaan yang lucu nan romantic yang bisa membuat  pipi ini luntur seperti yang dilansir pada media sosial yakni "Perlunya Edukasi Anak Tentang Kesehatan Reproduksi"           

Kejahatan seksual pada anak yang marak terjadi baru-baru ini sangat berdampak besar pada perkembangan mental, psikis korbannya.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014 telah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas materi pendidikan agama dan budi pekerti di satuan pendidikan.Perlu juga memasukkan ke dalam kurikulum tentang hak dan kewajiban anak, kesehatan reproduksi, dan pemberdayaan anak; melindungi anak di satuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan serta pihak lain dalam lingkungan sekolah.
Selain itu, melalui Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014, Presiden meminta  kepada Menteri Kesehatan untuk melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada anak, masyarakat dan pemangku kepentingan tentang kesehatan reproduksi, dampak kejahatan seksual terhadap tumbuh kembang anak, pemberdayaan anak, dan melakukan upaya pencegahan.Menteri Kesehatan juga diinstruksikan melakukan sosialisasi kepada tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan tentang kewajiban untuk memberikan informasi kepada kepolisian dan/atau pemangku kepentingan terkait atas adanya dugaan kejahatan seksual terhadap anak.
“Beri penanganan yang cepat kepada korban kejahatan seksual terhadap anak, termasuk pengobatan secara fisik, mental, dan sosial, serta pencegahan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya,” pinta Presiden SBY kepada Menteri Kesehatan pada Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2014 itu

FILSAFAT ORGANISASI

FILSAFAT ORGANISASI
Sebelum masuk ke filsafat organisasi, kita harus mengetahu definisi dari kata ‘filsafat’ dan kata ‘organisasi’ itu sendiri. Filsafat adalah sebuah proses berpikir untuk mencari tahu tentang kebenaran suatu hal sampai ke dalam-dalamnya, sampai ke akar-akarnya. Sebenarnya Filsafat secara etimologis berasal dari bahasa Yunani philosophia. Philos berarti suka, cinta, atau kecenderungan pada sesuatu, sedangkan Sophia artinya kebijaksanaan. Dengan demikian, secara sederhana, filsafat dapat diartikan cinta atau kecenderungan pada kebijaksanaan. Nah kemudian definisi organisasi. Kita sering mendengar kata organisasi, tetapi sebenarnya apa itu organisasi? Kak Viko mengatakan, bahwa organisasi bisa dipecah menjadi ‘organon’ yang berarti alat, dan penambahan ‘isasi’ yang umumnya berarti proses. Jadi, organisasi adalah alat untuk berproses dan memiliki tujuan atau visi dan misi yang sama. Dengan organisasi, kita bisa menjalin hubungan antar individu atau relasi dengan orang lain. Saya sendiri mendefinisikan organisasi itu adalah sebuah wadah untuk orang-orang yang memiliki tujuan, visi dan misi yang sama, untuk bekerja sama, menjalin hubungan, saling membantu agar tujuan atau goal tersebut bisa tercapai.
Setelah mengetahu definisi dari masing-masing kata tersebut yaitu filsafat dan organisasi, lalu apa yang dimaksud dengan filsafat organisasi? Filsafat organisasi sebenarnya melekat secara hakiki dalam hidup manusia. Banyak filsuf yang sepakat mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, manusia hadir secara alami dalam organisasi. Struktur alam semesta ini merupakan sebuah organisasi (atau organisme). Di dalamnya terdapat berbagai macam komponen atau elemen yang saling terikat (dependen). Karena keterikatan itulah manusia sejak lahir sudah masuk dalam struktur organisasi alam semesta. Posisi manusia dalam struktur alam semesta adalah yang paling tinggi dan paling bijaksana sebagai pemelihara, pelestari, dan peneliti alam semesta.
Tidak usah sibuk-sibuk kita berpikir jauh tentang filsafat organisasi. Kita cukup mengerti saja kalau alam semesta ini adalah sebuah organisasi dan kita adalah salah satu dari elemen organisasi alam semesta. Itulah filsafat utama dari organisasi, jika ada yang mengatakan hal lain dari hal itu, maka itu filsafat turunan saja, bukan filsafat utama dari organisasi. Hal ini saya dapatkan setelah membaca beberapa buku tentang manajemen maupun organisasi. Intinya sama saja.
Rounded Rectangle: Tujuan > Spirit > Orang > Organisasi > Konstitusi dan Arah Kerja
jika ada orang yang mengatakan "saya kurang berminat untuk berorganisasi" maka dia menyangkal keberadaannya dalam alam semesta. Maka itu sebagai manusai yang bijaksana, kita harus mengerti bahwa seluruh eksistensi kita di dunia ini bersifat kebergantungan (dependen) dan untuk terus eksis di dunia, kita butuh wadah dan alat untuk mencapai tujuan, dan itulah organisasi.


pada awalnya, ada sebuah tujuan yang ingin dicapai, tujuan atau goal ini akan menumbuhkan spirit orang-orang yang memiliki tujuan yang sama ini, dengan spririt dan semangat untuk menggapai tujuan, maka orang-orang ini berkumpul dan membentuk sebuah organisasi. Kemudian di organisasi ini untuk membatasai pergerakan anggota-anggotanya, maka dibentuklah konstitusi dan arah kerja. Konstitusi disini memiliki pengertian luas, yaitu keseluruhan peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat mengenai cara penyelenggaraan suatu organisasi. Sedangkan dari segi bahasa istilah konstitusi berasal dari kata constituer (Prancis) yang disini berarti membentuk. Maksudnya yaitu membentuk, menata, dan menyusun suatu lembaga atau organisasi. Demikian pula dalam bahasa Inggris kata constitute dapat berarti mengangkat, mendirikan atau menyusun. Dalam bahasa Belanda, istilah konstitusi dikenal dengan sebutan gronwet yang berarti undang-undang dasar. Nah, konstitusi ini sangat penting karena jika tidak ada konstitusi maka para anggota bisa bergerak seenaknya, Arah kerja juga sangat penting karena tanpa arah kerja, kegiatan yang akan dilakukan tidak akan tersusun dengan baik, maka sebuah arah kerja harus jelas adanya.
Sebuah organisasi pada umumnya memiliki 7 komponen dasar, yaitu:
1.           Orang : Sebuah organisasi tentu harus memiliki orang didalamnya yang disebut anggota. Jika tidak ada orang, siapa yang akan menjalankan organisasi?-_-
2.           Visi (tujuan) : Suatu organisasi pasti memiliki visi dan misi. Tidak jarang kita temui di suatu ruang kerja terdapat pajangan visi dan misi yang di bingkai rapi. Di sekolah-sekolah juga biasa terpampang visi dan misi di gerbang supaya mudah dibaca. Visi dan misi menunjukan gambaran kemana suatu organisasi akan diarahkan dan hasil apa yang ingin dicapai. Visi (tujuan) merupakan suatu keharusan yang adala dalam sebuah oganisasi, karena harus ada sesuatu yang ingin dicapai, jika tidak ada visi maka sebuah organisasi will lead you nowhere.
3.           Aktivitas : Aktivitas disini berarti kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam organisasi, seperti diskusi, berunding, dan muber atau bermusyawarah.
4.           Komunikasi : komunikasi antar anggota harus dijaga karena jika terjadi kesalahan komunikasi dalam sebuah organisasi maka akan menghambat kerja dan akhirnya untuk mencapai tujuan pun akan terhambat.
5.           Lokasi : sebuah organisasi harus memiliki lokasi untuk melakukan aktivitas seperti berdiskusi dan lain-lain
6.           Bentuk : Sistem dalam organisasi

7.           Perilaku budaya: perilaku yang menjad kebiasaan dan kultur dalam organisasi.

PRINSIP DAN MEKANISME KERJA ORGANISASI

PRINSIP DAN MEKANISME KERJA ORGANISASI
            Setelah selesai berdiskusi tentang Filsafat Organisasi, masih pada tanggal 14 Oktober 2014 di Pelataran Baruga, kami langsung melanjutkan ke diskusi kedua, yaitu diskusi yang di fasilitatori oleh Kak Eki. Diskusi ini merupakan lanjutan diskusi sebelumnya yang masih berbicara tentang organisasi, yaitu tentang “Prinsip dan Mekanisme Kerja Organisasi”. Berikut resume dari diskusi tersebut:
            Prinsip merupakan alas, dasar, atau landasan. Sedangkan di Wikipedia, Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Jadi disini, prinsip sangat penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari karena prinsip itu lah yang menjadi dasar atau landasan kita dalam bertindak, tanpa prinsip pekerjaan yang kita lakukan bisa salah arah karena tidak adanya pedoman sebagai penunjuk arah.
Mekanisme adalah serangkaian cara kerja. Sedangkan dari Wikipedia, mekanisme berasal dari kata dalam bahasa Yunani mechane yang memiliki arti instrumen, mesin pengangkat beban, perangkat, peralatan untu membuat sesuatu dan dari kata mechos yang memiliki arti sarana dan cara menjalankan sesuatu. Wikipedia juga mengatakan bahwa mekanisme dapat diartikan dalam banyak pengertian yang dapat dijelaskan menjadi 4 pengertian. Pertama, mekanisme adalah pandangan bahwa interaksi bagian-bagian dengan bagian-bagian lainnya dalam suatu keseluruhan atau sistem secara tanpa disengaja menghasilkan kegiatan atau fungsi-fungsi sesuai dengan tujuan.  Kedua, mekanisme adalah teori bahwa semua gejala dapat dijelaskan dengan prinsip-prinsip yang dapat digunakan untuk menjelaskan mesin-mesin tanpa bantuan inteligensi sebagai suatu sebab atau prinsip kerja. Ketiga, mekanisme adalah teori bahwa semua gejala alam bersifat fisik dan dapat dijelaskan dalam kaitan dengan perubahan material atau materi yang bergerak. Keempat, mekanisme adalah upaya memberikan penjelasan mekanis yakni dengan gerak setempat dari bagian yang secara intrinsik tidak dapat berubah bagi struktur internal benda alam dan bagi seluruh alam.
Organisasi adalah alat untuk berproses dan memiliki tujuan atau visi misi yang sama. Menurut Wikipedia, Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Prinsip Kerja Organisasi
Prinsip organisasi merupakan landasan yang dijadikan pedoman oleh suatu organisasi dalam melakukan segala aktivitas dan kegiatan organisasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai.
Menurut Max Weber, ada beberapa prinsip kerja dalam organisasi, antara lain:
1.            Semua kegiatan dalam organisasi harus berorientasi pada tujuan, ya, karena jika ada suatu kegiatan yang tidak berorientasi pada tujuan, maka kegiatan tersebut akan menjadi sia-sia dan terkesan membuang-buang waktu karena sejak awal yang ingin dicita-citakan adalah bagaimana agar organisasi bisa mencapai tujuannya.
2.            Setiap keputusan berdasarkan organisasi, yang berarti dalam membuat keputusan, seluruh anggota organisasi tersebut tahu dan menyetujui berssama keputusan tersebut.
3.            Pelaku organisasi bertanggung jawab terhadap aturan, setiap organisasi pasti memiliki aturan-aturan yang mengikat dan membatasi pergerakan para anggotanya, disertai hak, kewajiban, serta sanksi bagi anggotanya. Jadi, setiap anggota harus tau apa perannya, apa hak dan kewajibannya, harus menaati aturan, jika ia melanggar atau melewati batas, maka ia sendiri harus bertanggung jawab terhadap perbuatannya itu.
4.            Pembagian kerja harus sesuai dengan skill masing-masing anggota, jadi, seorang ketua atau pemimpin organisasi diharapkan dapat mengetahui skill dari masing-masing anggotanya, karena jika pekerjaaan dibagi kepada anggota sesuai skillnya maka ini akan sangat membantu dan sangat memperlancar jalannya kegiatan organisasi, tetapi sebaliknya jika tidak sesuai skill yang dimiliki anggota, maka akan sangat menghambat jalannya organisasi.
Ada 3 prinsip yang paling mendasar dalam sebuah organisasi, yaitu:
  1. Tujuan > tujuan ini akan menjadi pendorong dan spirit bagi para anggota organisasi, karena tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai.
  2. Kesepakatan bersama > sebuah organisasi berdiri berdasarkan kesepakatan bersama, maka apapun masalah, atau hal yang ingin dibicarakan harus dibicarakan dan di diskusikan bersama agar tercapai suatu kesepakatan bersama, untuk menghindari konflik intern organisasi.
  3. Kultur > kultur disni berarti kebiasaan, budaya, atau adatm, dll. Sebuah organisasi pasti memiliki kulturnya masing, yang dibentuk oleh para anggotanya.
Mekanisme Kerja Organisasi
Mekanisme berarti beberapa metodologi yang disusun secara sistematis. Jadi, mekanisme kerja organisasi adalah serangkaian metodologi atau perangkat dalam organisasi untuk mencapai tujuan. Kemudian, salah satu mekanisme kerja dalam organisasi ini adalah bagaimana menyusun manajemen kerja yang baik agar tujuan organisasi bisa tercapai. Menurut George R. Terry, ada 4 poin manajemen kerja yang baik yaitu:
1.      Planning (Perencanaan): Perencanaan merupakan susunan langkah-langkah secara sistematik dan teratur untuk mencapai tujuan organisasi atau memecahkan masalah tertentu.
2.      Organizing (Pengorganisasian): Pengorganisasian diartikan sebagai kegiatan pembagian tugas-tugas pada orang yang terlibat dalam aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki.
3.      Actuating (Penggerak): Actuating (penggerakan) meliputi kepemimpinan dan koordinasi. Kepemimpinan yakni gaya memimpin dari sang pemimpin dalam mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya organisasi agar mengarah pada pencapaian tujuan program dan organisasi.

4.      Controlling (Pengawasan): Controlling bukanlah hanya sekedar mengendalikan pelaksanaan program dan aktivitas organisasi, namun juga mengawasi sehingga bila perlu dapat mengadakan koreksi. Inti dari controlling adalah proses memastikan pelaksanaan agar sesuai dengan rencana.

KEHIMAHIAN

KEHIMAHIAN
Sebenarnya awalnya Hubungan Internasional atau HI  ini merupakan program studi dari ilmu politik, tetapi kemudian dispesifikasikan menjadi program studi sendiri ilmu hubungan internasinal, karena cakupannya yang luas, tidak hanya belajar tentang politik, tetapi juga ekonomi, hukum, dan lain-lain. Awalnya, tahun 1982 program studi Hubungan Internasional  terbentuk dengan anggota kurang lebih 20 orang. Kemudian, tahun 1983 terbentuklah IMAHI (Ikatan Mahasiswa Hubungan Internasional). Nah, ketua pertama dari IMAHI ini adalah Alm. Sabri Dahlan, beliau meninggal di tahun 2012. Beliau merupakan angkatan pertama di program studi Imu Hubungan Internasional FISIP Universitas Hasanuddin. Kemudian seiring berjalannya waktu dan seiring dengan adanya proses, IMAHI pun berganti nama menjadi HIMAHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) sejak tanggal 12 september 1985 dan momentum inilah yang dianggap sebagai monumen berdirinya HIMAHI dengan dirumuskannya Anggaran Dasar Organisasi ini di Jalan Arif Rate No.10 Makassar. Pada tahun 1985 ini anggota HIMAHI itu juga sudah banyak. Nah, sebenarnya organisasi ini terbentuk karena adanya kebutuhan.
Setahun setelah itu pada tanggal 6 Juni 1986 dikukuhkanlah Darwis sebagai Ketua HIMAHI yang kedua, melalui suatu acara resmi di Gedung Pertemuan Ilmiah UNHAS. Pengukuhan dan pelantikan yang dilakukan oleh Pembantu Dekan III FISIP UNHAS Drs. Anwar Arifin berarti dikukuhkannya HIMAHI secara Konstitusional dan dengan status hukum yang kuat. Perkembangan yang dicapai oleh anggota HIMAHI selanjutnya tak dapat dilepaskan dari momentum ini.
Tujuan didirikannya HIMAHI ini ialah sebagai wadah untuk setiap mahasiswa hubungan Internasional dalam mengembangkan minat dan bakatnya, dan sebagaimana mahasiswa pada umumnya yang membutuhkan ruang untuk berkumpul. HIMAHI muncul sebagai respon terhadap fenomena sosial dan kebutuhan yang didasari kesamaan.
Yang membuat suatu organisasi sendiri itu kuat adalah "Tujuan". Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional sendiri berdiri karena adanya tujuan yang melandasi adapun tujuan didirikannya HIMAHI yakni membentuk insan intelektual, mandiri, berpikir global, berjiwa patriotisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Lembaga mahasiswa ideal adalah lembaga mahasiswa yang mampu mencapai tujuannya dan ketika tujuan tercapai akan dimunculkanlah spirit-spirit baru yang membuat organisasi terus berjalan, spirit yang dimaksud ini adalah regenerasi yang di buat melalui kaderisasi. HIMAHI sendiri mengklasifikasi tujuannya melalui tiga jalan, yakni : Kaderisasi, Advokasi dan Kajian Strategis serta pewadahan minat dan bakat. Hal-hal inilah yang menjadi instrumen dalam pergerakan HIMAHI. Kaderisasi sendiri memiliki tujuan yaitu untuk menyamakan paradigma dan injeksi nilai-nilai, selain itu kaderisasi juga bertujuan untuk membentuk sikap-sikap dan perilaku yang baik. Kemudian, advokasi bergelut di bidang realita sosial dan pewadahan minat dan bakat disini terwadahi dalam berbagai macam UKH (unit kegiatan himpunan), seperti musik, bahasa asing, pecinta alam, grup vocal, dan masih banyak lagi. Lembaga mahasiswa yang ideal yaitu lembaga yang memberikan dampak positif bagi anggota-anggotanya, melakukan pengembangan sumber daya manusia, anggotnya ikhlas dalam menjalankan organisasi tersebut, dan adanya pengkader serta proses pengkaderan yang baik.
Semakin lama, organisasi yang tebentuk akan semakin mengkomplekskan dirinya. Begitupun dengan HIMAHI. Karena didalam berjalannya HIMAHI, terdapat perubahan-perubahan yang dilakukan dan beberapa tindakan yang diambil guna memperbarui dan memperbaiki himpunan agar kelangsungan keberdayaan mahasiswanya terus terjaga.
Dalam usianya yang ke-28, tentunya HIMAHI telah mengalami dinamisasi menuju perubahan konstruktif dan merevitalisasi peran dan fungsinya sebagai lembaga yang mewadahi seluruh aktivitas dan kreativitas mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNHAS, dengan basis ilmiah dan profesionalisme.Kemajemukan merupakan salah satu warna tersendiri dari HIMAHI, bahkan kemajemukan tersebut menjadi kekuatan HIMAHI yang memang berasaskan kekeluargaan. Kepentingan pribadi dan kelompok senantiasa tereduksi apabila harus berhadapan dengan kepentingan bersama.






Struktur Organisasi HIMAHI

Struktur Organisasi HIMAHI
            Setelah berdiskusi tentang “KE-HIMAHI-AN”, kami pun melanjutkan ke diskusi berikutnya yang difasilitatori oleh kak Evan. Diskusi kali ini merupakan lanjutan dari diskusi sebelumnya karena ini masih sangat berhubungan dengan HIMAHI itu sendiri. Nah diskusi oleh kak Evan ini berjudul “Struktur Organisasi HIMAHI”. Sebenarnya struktur organisasi himahi tidak jauh berbeda dengan organisasi-organisasi lainnya.
Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Unhas merupakan wadah anak Hubungan Internasional di Unhas. Himahi  memiliki susunan keorganisasian yang terbagi dari pengurus inti yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara yang awalnya memiliki wakil ketua namun, setelah diadakannya musyawarah besar dihapuskanlah wakil ketua dan hanya dikepalai oleh seorang ketua yang jabatannya setara dengan DPO (Dewan Pengawas Organisasi). DPO di himahi berjumlah 7 orang dan selalu ganjil. Mengapa ganjil? Agar ketika ada pengambilan keputusan, suara yang masuk tidak berimbang, pasti ada yang berlebih satu. Adapun Sekretaris berfungsi sebagai tangan kanan ketua dan bendahara bertugas mengatur segala macam pendaan organisasi.
Di dalam sebuah organisasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan landasan konstitusional, begitu pun di himahi, AD/ART ini merupakan landasan, pedoman serta  batas-batas dalam melakukan pergerakan. Anggaran dasar disini berfungsi untuk menggabarkan kondisi lembaga serta hal-hal yang bersifat filosofis seperti logo, nama, tujuan, struktur lembaga, dll. Sedangkan, ART mengatur tentang masalah-masalah yang berlaku di bidang teknis seperti Musyawarah Besar (Mubes), Rapat Kerja (raker), lokakarya, evaluasi triwulan, Musyawarah Istimewa  (MuIs), dan rapat warga. Mubes merupakan forum tertinggi dalam sebuah organisasi. Mubes adalah musyawarah yang dilakukan sekali setiap tahun atau setiap periode. Di dalam forum mubes dilakukan evaluasi atas kepengurusan sebelumnya, revisi AD/ART, rekomendasi mubes atau hal-hal yang disarankan untuk kepengurusan selanjutnya, serta pemilihan formatur tunggal yang nantinya akan menjadi Ketua Himpunan (KAHIMA). ketua himpunan ini selanjutnya memiliki kewenangan untuk mengevaluasi departemen, dan memilih siapa-siapa yang akan menjadi anggota serta coordinator dari masing-masing departemen. Raker adalah rapat yang dilakukan untuk membahas program-program kerja dalam sebuah kepengurusan. Lokakarya adalah sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendisksusikan sesuatu dan menetapkannya, di himahi misalnya ada lokakarya kamus kelembagaan. Evaluasi triwulan sebenarnya sama seperti mubes, hanya saja evaluasi triwulan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali. Kemudian MuIs atau musyawarah istimewa, merupakan musyawarah yang dapat dilakukan kapan saja ketika ada hal-hal yang bersifat urgent.
GBHKO (Garis Besar Haluan Kerja Organisasi) merupakan landasan operasional dalam organisasi. Landasan operasional disini termasuk dalamnya yaitu pembagian tugas dan metode divisi serta bagaimana seharusnya  Tiap-tiap divisi memiliki TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) dan tiap divisi ini bertanggung jawab terhadap perkembangan tiap-tiap warga Hubungan Internasional Fisip Unhas.ara himpunan bekerja.

HIMAHI membagi anggota-anggotanya menjadi beberapa divisi. Adapun divisi-divisinya antara lain:
  1. Divisi Perkaderan : Sebagai divisi yang meng-Injeksi nilai-nilai ke HIMAHI-an kepada para Mahasiswa Hubungan Internasional. Kader adalah orang atau individu yang telah melewati proses penginjeksian nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan lembaga dan berkontribusi terhadap lembaga tersebut. Dalam divisi perkaderan, terdapat dua bagian yaitu perkaderan dan keorganisasian. Fungsi perkaderan adalah merancang metodologi perekrutan sedangkan keorganisasian memiliki fungsi:
o   menginisiasi dan mengadakan perangkat kerja organisasi
    • membangun dan mengawal aspek keorganisasian.
aspek keorganisasian divisi perkaderan adalah melihat perkembangan setiap kader. Jadi, anggota perkaderan disebar ke tiap-tiap divisi lain untuk melihat perkembangan anggota-anggota dari divisi lain itu.

  1. Divisi Advokasi dan Kajian Strategis : Sebagai divisi yang membuka ruang dan mengawal transformasi nilai terhadap setiap warga HIMAHI.
  2. Divisi Humas dan Infokom : Sebagai informan dan pembawa kabar bagi setiap warga Himpunan.
  3. Divisi Kesekretariatan: sebagai divisi yang mengatur dan merancang secretariat atau himpunan.
  4. Divisi Dana dan usaha kreatif: sebagai divisi yang mengumpulkan dana untuk kegiatan-kegiatan dalam organisasi dengan cara usaha-usaha kreatif seperti menjual atribut-atribut HI, makanan, dan sebgainya.

5 JUTA PERTAMA HASIL KERINGAT DI PENGHUJUNG 2021

5 juta pertama hasil keringat di penghujung tahun 2021 Tak henti-hentinya aku mengucapkan rasa syukur Usaha dan proses tidak ada yang sia-si...