Rabu, 22 Oktober 2014

KEHIMAHIAN

KEHIMAHIAN
Sebenarnya awalnya Hubungan Internasional atau HI  ini merupakan program studi dari ilmu politik, tetapi kemudian dispesifikasikan menjadi program studi sendiri ilmu hubungan internasinal, karena cakupannya yang luas, tidak hanya belajar tentang politik, tetapi juga ekonomi, hukum, dan lain-lain. Awalnya, tahun 1982 program studi Hubungan Internasional  terbentuk dengan anggota kurang lebih 20 orang. Kemudian, tahun 1983 terbentuklah IMAHI (Ikatan Mahasiswa Hubungan Internasional). Nah, ketua pertama dari IMAHI ini adalah Alm. Sabri Dahlan, beliau meninggal di tahun 2012. Beliau merupakan angkatan pertama di program studi Imu Hubungan Internasional FISIP Universitas Hasanuddin. Kemudian seiring berjalannya waktu dan seiring dengan adanya proses, IMAHI pun berganti nama menjadi HIMAHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) sejak tanggal 12 september 1985 dan momentum inilah yang dianggap sebagai monumen berdirinya HIMAHI dengan dirumuskannya Anggaran Dasar Organisasi ini di Jalan Arif Rate No.10 Makassar. Pada tahun 1985 ini anggota HIMAHI itu juga sudah banyak. Nah, sebenarnya organisasi ini terbentuk karena adanya kebutuhan.
Setahun setelah itu pada tanggal 6 Juni 1986 dikukuhkanlah Darwis sebagai Ketua HIMAHI yang kedua, melalui suatu acara resmi di Gedung Pertemuan Ilmiah UNHAS. Pengukuhan dan pelantikan yang dilakukan oleh Pembantu Dekan III FISIP UNHAS Drs. Anwar Arifin berarti dikukuhkannya HIMAHI secara Konstitusional dan dengan status hukum yang kuat. Perkembangan yang dicapai oleh anggota HIMAHI selanjutnya tak dapat dilepaskan dari momentum ini.
Tujuan didirikannya HIMAHI ini ialah sebagai wadah untuk setiap mahasiswa hubungan Internasional dalam mengembangkan minat dan bakatnya, dan sebagaimana mahasiswa pada umumnya yang membutuhkan ruang untuk berkumpul. HIMAHI muncul sebagai respon terhadap fenomena sosial dan kebutuhan yang didasari kesamaan.
Yang membuat suatu organisasi sendiri itu kuat adalah "Tujuan". Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional sendiri berdiri karena adanya tujuan yang melandasi adapun tujuan didirikannya HIMAHI yakni membentuk insan intelektual, mandiri, berpikir global, berjiwa patriotisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Lembaga mahasiswa ideal adalah lembaga mahasiswa yang mampu mencapai tujuannya dan ketika tujuan tercapai akan dimunculkanlah spirit-spirit baru yang membuat organisasi terus berjalan, spirit yang dimaksud ini adalah regenerasi yang di buat melalui kaderisasi. HIMAHI sendiri mengklasifikasi tujuannya melalui tiga jalan, yakni : Kaderisasi, Advokasi dan Kajian Strategis serta pewadahan minat dan bakat. Hal-hal inilah yang menjadi instrumen dalam pergerakan HIMAHI. Kaderisasi sendiri memiliki tujuan yaitu untuk menyamakan paradigma dan injeksi nilai-nilai, selain itu kaderisasi juga bertujuan untuk membentuk sikap-sikap dan perilaku yang baik. Kemudian, advokasi bergelut di bidang realita sosial dan pewadahan minat dan bakat disini terwadahi dalam berbagai macam UKH (unit kegiatan himpunan), seperti musik, bahasa asing, pecinta alam, grup vocal, dan masih banyak lagi. Lembaga mahasiswa yang ideal yaitu lembaga yang memberikan dampak positif bagi anggota-anggotanya, melakukan pengembangan sumber daya manusia, anggotnya ikhlas dalam menjalankan organisasi tersebut, dan adanya pengkader serta proses pengkaderan yang baik.
Semakin lama, organisasi yang tebentuk akan semakin mengkomplekskan dirinya. Begitupun dengan HIMAHI. Karena didalam berjalannya HIMAHI, terdapat perubahan-perubahan yang dilakukan dan beberapa tindakan yang diambil guna memperbarui dan memperbaiki himpunan agar kelangsungan keberdayaan mahasiswanya terus terjaga.
Dalam usianya yang ke-28, tentunya HIMAHI telah mengalami dinamisasi menuju perubahan konstruktif dan merevitalisasi peran dan fungsinya sebagai lembaga yang mewadahi seluruh aktivitas dan kreativitas mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNHAS, dengan basis ilmiah dan profesionalisme.Kemajemukan merupakan salah satu warna tersendiri dari HIMAHI, bahkan kemajemukan tersebut menjadi kekuatan HIMAHI yang memang berasaskan kekeluargaan. Kepentingan pribadi dan kelompok senantiasa tereduksi apabila harus berhadapan dengan kepentingan bersama.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 JUTA PERTAMA HASIL KERINGAT DI PENGHUJUNG 2021

5 juta pertama hasil keringat di penghujung tahun 2021 Tak henti-hentinya aku mengucapkan rasa syukur Usaha dan proses tidak ada yang sia-si...