PRINSIP DAN MEKANISME KERJA
ORGANISASI
Setelah selesai berdiskusi tentang Filsafat Organisasi, masih pada tanggal 14
Oktober 2014 di Pelataran Baruga, kami langsung melanjutkan ke diskusi kedua,
yaitu diskusi yang di fasilitatori oleh Kak Eki. Diskusi ini merupakan lanjutan
diskusi sebelumnya yang masih berbicara tentang organisasi, yaitu tentang
“Prinsip dan Mekanisme Kerja Organisasi”. Berikut resume dari diskusi tersebut:
Prinsip merupakan alas, dasar, atau landasan. Sedangkan di Wikipedia, Prinsip
adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang
dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau
bertindak. Jadi disini, prinsip sangat penting dalam menjalankan kehidupan
sehari-hari karena prinsip itu lah yang menjadi dasar atau landasan kita dalam
bertindak, tanpa prinsip pekerjaan yang kita lakukan bisa salah arah karena
tidak adanya pedoman sebagai penunjuk arah.
Mekanisme
adalah serangkaian cara kerja. Sedangkan dari Wikipedia, mekanisme berasal dari
kata dalam bahasa Yunani mechane yang memiliki arti instrumen, mesin pengangkat
beban, perangkat, peralatan untu membuat sesuatu dan dari kata mechos yang
memiliki arti sarana dan cara menjalankan sesuatu. Wikipedia juga mengatakan
bahwa mekanisme dapat diartikan dalam banyak pengertian yang dapat dijelaskan
menjadi 4 pengertian. Pertama, mekanisme adalah pandangan bahwa interaksi
bagian-bagian dengan bagian-bagian lainnya dalam suatu keseluruhan atau sistem secara
tanpa disengaja menghasilkan kegiatan atau fungsi-fungsi sesuai dengan tujuan.
Kedua, mekanisme adalah teori bahwa semua gejala dapat dijelaskan dengan
prinsip-prinsip yang dapat digunakan untuk menjelaskan mesin-mesin tanpa
bantuan inteligensi sebagai suatu sebab atau prinsip kerja. Ketiga, mekanisme
adalah teori bahwa semua gejala alam bersifat fisik dan dapat dijelaskan dalam
kaitan dengan perubahan material atau materi yang bergerak. Keempat, mekanisme
adalah upaya memberikan penjelasan mekanis yakni dengan gerak setempat dari
bagian yang secara intrinsik tidak dapat berubah bagi struktur internal benda
alam dan bagi seluruh alam.
Organisasi
adalah alat untuk berproses dan memiliki tujuan atau visi misi yang sama.
Menurut Wikipedia, Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan
lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Prinsip
Kerja Organisasi
Prinsip
organisasi merupakan landasan yang dijadikan pedoman oleh suatu organisasi
dalam melakukan segala aktivitas dan kegiatan organisasi agar tujuan organisasi
tersebut dapat tercapai.
Menurut Max Weber, ada beberapa
prinsip kerja dalam organisasi, antara lain:
1.
Semua
kegiatan dalam organisasi harus berorientasi pada tujuan, ya, karena jika ada
suatu kegiatan yang tidak berorientasi pada tujuan, maka kegiatan tersebut akan
menjadi sia-sia dan terkesan membuang-buang waktu karena sejak awal yang ingin
dicita-citakan adalah bagaimana agar organisasi bisa mencapai tujuannya.
2.
Setiap
keputusan berdasarkan organisasi, yang berarti dalam membuat keputusan, seluruh
anggota organisasi tersebut tahu dan menyetujui berssama keputusan tersebut.
3.
Pelaku
organisasi bertanggung jawab terhadap aturan, setiap organisasi pasti memiliki
aturan-aturan yang mengikat dan membatasi pergerakan para anggotanya, disertai
hak, kewajiban, serta sanksi bagi anggotanya. Jadi, setiap anggota harus tau
apa perannya, apa hak dan kewajibannya, harus menaati aturan, jika ia melanggar
atau melewati batas, maka ia sendiri harus bertanggung jawab terhadap
perbuatannya itu.
4.
Pembagian
kerja harus sesuai dengan skill masing-masing anggota, jadi, seorang ketua atau
pemimpin organisasi diharapkan dapat mengetahui skill dari masing-masing
anggotanya, karena jika pekerjaaan dibagi kepada anggota sesuai skillnya maka
ini akan sangat membantu dan sangat memperlancar jalannya kegiatan organisasi,
tetapi sebaliknya jika tidak sesuai skill yang dimiliki anggota, maka akan
sangat menghambat jalannya organisasi.
Ada 3 prinsip yang paling
mendasar dalam sebuah organisasi, yaitu:
- Tujuan
> tujuan ini akan menjadi pendorong dan spirit bagi para anggota
organisasi, karena tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai.
- Kesepakatan
bersama > sebuah organisasi berdiri berdasarkan kesepakatan bersama,
maka apapun masalah, atau hal yang ingin dibicarakan harus dibicarakan dan
di diskusikan bersama agar tercapai suatu kesepakatan bersama, untuk
menghindari konflik intern organisasi.
- Kultur
> kultur disni berarti kebiasaan, budaya, atau adatm, dll. Sebuah
organisasi pasti memiliki kulturnya masing, yang dibentuk oleh para
anggotanya.
Mekanisme
Kerja Organisasi
Mekanisme
berarti beberapa metodologi yang disusun secara sistematis. Jadi, mekanisme
kerja organisasi adalah serangkaian metodologi atau perangkat dalam organisasi
untuk mencapai tujuan. Kemudian, salah satu mekanisme kerja dalam organisasi
ini adalah bagaimana menyusun manajemen kerja yang baik agar tujuan organisasi
bisa tercapai. Menurut George R. Terry, ada 4 poin manajemen kerja yang baik
yaitu:
1. Planning (Perencanaan): Perencanaan
merupakan susunan langkah-langkah secara sistematik dan teratur untuk mencapai
tujuan organisasi atau memecahkan masalah tertentu.
2.
Organizing (Pengorganisasian):
Pengorganisasian diartikan sebagai kegiatan pembagian tugas-tugas pada orang
yang terlibat dalam aktivitas organisasi, sesuai dengan kompetensi SDM yang dimiliki.
3.
Actuating (Penggerak):
Actuating (penggerakan) meliputi kepemimpinan dan koordinasi. Kepemimpinan
yakni gaya memimpin dari sang pemimpin dalam mengoptimalkan seluruh potensi dan
sumber daya organisasi agar mengarah pada pencapaian tujuan program dan
organisasi.
4.
Controlling (Pengawasan):
Controlling bukanlah hanya sekedar mengendalikan pelaksanaan program dan
aktivitas organisasi, namun juga mengawasi sehingga bila perlu dapat mengadakan
koreksi. Inti dari controlling adalah proses memastikan pelaksanaan agar sesuai
dengan rencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar