Rabu, 22 Oktober 2014

Struktur Organisasi HIMAHI

Struktur Organisasi HIMAHI
            Setelah berdiskusi tentang “KE-HIMAHI-AN”, kami pun melanjutkan ke diskusi berikutnya yang difasilitatori oleh kak Evan. Diskusi kali ini merupakan lanjutan dari diskusi sebelumnya karena ini masih sangat berhubungan dengan HIMAHI itu sendiri. Nah diskusi oleh kak Evan ini berjudul “Struktur Organisasi HIMAHI”. Sebenarnya struktur organisasi himahi tidak jauh berbeda dengan organisasi-organisasi lainnya.
Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Unhas merupakan wadah anak Hubungan Internasional di Unhas. Himahi  memiliki susunan keorganisasian yang terbagi dari pengurus inti yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara yang awalnya memiliki wakil ketua namun, setelah diadakannya musyawarah besar dihapuskanlah wakil ketua dan hanya dikepalai oleh seorang ketua yang jabatannya setara dengan DPO (Dewan Pengawas Organisasi). DPO di himahi berjumlah 7 orang dan selalu ganjil. Mengapa ganjil? Agar ketika ada pengambilan keputusan, suara yang masuk tidak berimbang, pasti ada yang berlebih satu. Adapun Sekretaris berfungsi sebagai tangan kanan ketua dan bendahara bertugas mengatur segala macam pendaan organisasi.
Di dalam sebuah organisasi, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan landasan konstitusional, begitu pun di himahi, AD/ART ini merupakan landasan, pedoman serta  batas-batas dalam melakukan pergerakan. Anggaran dasar disini berfungsi untuk menggabarkan kondisi lembaga serta hal-hal yang bersifat filosofis seperti logo, nama, tujuan, struktur lembaga, dll. Sedangkan, ART mengatur tentang masalah-masalah yang berlaku di bidang teknis seperti Musyawarah Besar (Mubes), Rapat Kerja (raker), lokakarya, evaluasi triwulan, Musyawarah Istimewa  (MuIs), dan rapat warga. Mubes merupakan forum tertinggi dalam sebuah organisasi. Mubes adalah musyawarah yang dilakukan sekali setiap tahun atau setiap periode. Di dalam forum mubes dilakukan evaluasi atas kepengurusan sebelumnya, revisi AD/ART, rekomendasi mubes atau hal-hal yang disarankan untuk kepengurusan selanjutnya, serta pemilihan formatur tunggal yang nantinya akan menjadi Ketua Himpunan (KAHIMA). ketua himpunan ini selanjutnya memiliki kewenangan untuk mengevaluasi departemen, dan memilih siapa-siapa yang akan menjadi anggota serta coordinator dari masing-masing departemen. Raker adalah rapat yang dilakukan untuk membahas program-program kerja dalam sebuah kepengurusan. Lokakarya adalah sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendisksusikan sesuatu dan menetapkannya, di himahi misalnya ada lokakarya kamus kelembagaan. Evaluasi triwulan sebenarnya sama seperti mubes, hanya saja evaluasi triwulan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali. Kemudian MuIs atau musyawarah istimewa, merupakan musyawarah yang dapat dilakukan kapan saja ketika ada hal-hal yang bersifat urgent.
GBHKO (Garis Besar Haluan Kerja Organisasi) merupakan landasan operasional dalam organisasi. Landasan operasional disini termasuk dalamnya yaitu pembagian tugas dan metode divisi serta bagaimana seharusnya  Tiap-tiap divisi memiliki TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi) dan tiap divisi ini bertanggung jawab terhadap perkembangan tiap-tiap warga Hubungan Internasional Fisip Unhas.ara himpunan bekerja.

HIMAHI membagi anggota-anggotanya menjadi beberapa divisi. Adapun divisi-divisinya antara lain:
  1. Divisi Perkaderan : Sebagai divisi yang meng-Injeksi nilai-nilai ke HIMAHI-an kepada para Mahasiswa Hubungan Internasional. Kader adalah orang atau individu yang telah melewati proses penginjeksian nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan lembaga dan berkontribusi terhadap lembaga tersebut. Dalam divisi perkaderan, terdapat dua bagian yaitu perkaderan dan keorganisasian. Fungsi perkaderan adalah merancang metodologi perekrutan sedangkan keorganisasian memiliki fungsi:
o   menginisiasi dan mengadakan perangkat kerja organisasi
    • membangun dan mengawal aspek keorganisasian.
aspek keorganisasian divisi perkaderan adalah melihat perkembangan setiap kader. Jadi, anggota perkaderan disebar ke tiap-tiap divisi lain untuk melihat perkembangan anggota-anggota dari divisi lain itu.

  1. Divisi Advokasi dan Kajian Strategis : Sebagai divisi yang membuka ruang dan mengawal transformasi nilai terhadap setiap warga HIMAHI.
  2. Divisi Humas dan Infokom : Sebagai informan dan pembawa kabar bagi setiap warga Himpunan.
  3. Divisi Kesekretariatan: sebagai divisi yang mengatur dan merancang secretariat atau himpunan.
  4. Divisi Dana dan usaha kreatif: sebagai divisi yang mengumpulkan dana untuk kegiatan-kegiatan dalam organisasi dengan cara usaha-usaha kreatif seperti menjual atribut-atribut HI, makanan, dan sebgainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 JUTA PERTAMA HASIL KERINGAT DI PENGHUJUNG 2021

5 juta pertama hasil keringat di penghujung tahun 2021 Tak henti-hentinya aku mengucapkan rasa syukur Usaha dan proses tidak ada yang sia-si...